Rabu, 28 November 2012

Pax Handling

Dalam airlines ada dua macam penanganan penumpang, yaitu pada saat penumpang akan melakukan penerbangan dan saat penumpang akan tiba di terminal kedatangan. Biasanya terdapat prosedur yang berlaku dalam penangan penumpang. Prosedur yang terdapat pada penerbangan domestik biasanya sesuai dengan kebijaksanaan bandara pada suatu negara yang bersangkutan. Jika penerbangan Internasional, maka prosedur penanganannya telah tercantum pada tiket penerbangan komersil Internasional.
Perusahaan penerbangan biasanya selalu menginformasikan waktu atau jadwal penerbangan, baik itu saat keberangkatan dan saat tiba di bandara tujuan. Hal itu dilakukan agar para calon penumpang dapat mengetahui waktu yang akan ditempuh saat penerbangan. Sebelum melakukan penerbangan tentunya para calon penumpang harus melakukan chek-in di chek-in counter dan membawa serta tiket penumpang, bagasi penumpang serta tas tangan atau barang bawaan yang akan dibawa kedalam pesawat. Biasanya petugas bandara akan menimbang barang bagasi penumpang. Jika barang bawaan penumpang melebihi kapasitas maka, penumpang tersebut akan dikenakan biaya kelebihan muatan. Setelah itu penumpang menuju pemeriksaan imigrasi dan kemudian menuju bording gate.
Selama penumpang sedang dalam proses menuju penerbangan, penumpang akan mendapatkan pelayanan yang senyaman mungkin dari para petugas di Bandara tersebut. Misalnya pelayanan untuk orang yang cacat fisik, anak-anak dan lain sebagainya. Sama halnya pada saat penumpang tiba di bandara tujuan atau kedatangan petugas bandara tersebut akan melayani semaksimal mungkin. Bedanya pelayanan saat tiba di bandara kedatangan lebih singkat dari pada saat penumpang baru ingin melakukan penerbangan. Di bandara ketangan juga tidak semua penumpang telah sampai di bandara tujuan, ada juga penumpang yang melakukan transit. Biasanya penumpang yang melakukan transit akan diberikan transit card.
 http://kumpulankaryasiswa.wordpress.com/2011/09/29/pelayanan-dan-penanganan-penumpang/

0 komentar:

Posting Komentar